Selasa, 10 Maret 2015

GTMOO(Gerakan Tidak Minta Oleh-Oleh)

Mungkin ini sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar dari kita untuk meminta oleh-oleh pada teman yang berpergian; baik itu sekedar basa-basi, benar-benar meminta, ataupun "menitip" dengan embel-embel "gue nitip lo, ntar gue bayar."

Jujur, Saya bukanlah orang yang hobi berbelanja. Jadi, ketika Saya berpergian, maka hal yang Saya lebih prioritaskan adalah ingin mengenal kebudayaan setempat (makanan dan bahasa terutama) dan juga berinteraksi dengan orang lokal di daerah tersebut.

Salah satu hal yang paling berkesan yang Saya pelajari ketika berkuliah di Amerika Serikat adalah tentang budaya "minta oleh-oleh". Daripada meminta oleh-oleh yang sebenarnya bikin repot orang yang berpergian (note: tiap orang punya itinerary sendiri dengan memaksimalkan waktu yang terbatas), mereka (American) lebih memilih untuk mengucapkan "Have a safe and nice trip, Andreas!" Kalimat singkat sarat makna itu Saya anggap sebagai doa dari orang-orang terkasih agar Saya selamat sampai tujuan dan menikmati perjalanan Saya. Ingat, kita tak akan pernah tahu kapan saat "itu" tiba. Bisa saja hari dimana Saya berpergian adalah hari terakhir Saya hidup di Bumi.

Bagi Saya, ini adalah salah satu hal positif yang bisa kita tiru dari mereka untuk diaplikasikan dalam kehidupan kita. Tidak naif, Saya tidak pernah menolak oleh-oleh, tapi Saya tidak pernah meminta oleh-oleh. Malahan, Saya yang tidak meminta selalu diberi, dan tak jarang berlipat ganda. Rezeki takkan kemana.

Tanpa bermaksud menyinggung pihak manapun juga, Saya dalam hal ini hanya sekedar berbagi tentang pendapat Saya mengenai minta oleh-oleh. Kesimpulannya, Saya mengajak teman-teman semua untuk berhentilah meminta oleh-oleh dan lebih daripada itu, berkatilah mereka orang-orang terkasihmu yang akan berpergian.

Salam,
Andreas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar