Jumat, 24 April 2015

Essay LPDP: Rencana Studi

Nah, karena ada beberapa request via email yang minta Rencana Studi gw, akhirnya gw post aja kali ya Essay Rencana Studi gw. Cuman inget 1 hal kalau "copycat" bukan hal yang baik. Your essay should describe you best. So, here it is!






RENCANA STUDI

“Sambil menyelam, minum air.” Kira-kira ungkapan itulah yang cocok mendeskripsikan masa kuliah Saya di Medan. Sembari berkuliah untuk program S-1 Jurusan Manajemen Perusahaan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lembaga Manajemen Immanuel Indonesia, Saya juga bekerja sebagai Customer Service Officer dalam program permagangan Bakti BCA di Bank Central Asia (BCA) cabang Golden Trade Center, Medan. Pengalaman ini memberikan Saya kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di kuliah kedalam dunia kerja dan melatih Saya dalam mengatur manajemen waktu. Sehingga nanti pada saatnya, Saya akan menjadi sumber daya manusia yang siap masuk kedalam dunia kerja perbankan setelah menamatkan program Sarjana Saya. 

Beberapa bulan setelah wisuda Sarjana, Saya mendapatkan beasiswa dari U.S. Department of State untuk berkuliah selama setahun di Madison Area Technical College (MATC), Madison, Wisconsin, Amerika Serikat, jurusan Social Media. Selama studi di MATC, Saya menggunakan waktu luang di Spring Semester untuk magang sebagai Staff Writer di The Clarion. Selain melatih kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris, Saya juga mengasah kemampuan untuk melakukan observasi, review, dan wawancara dalam proses pembuatan artikel. Artikel yang pernah saya buat adalah berupa review dan rekomendasi restoran di Madison, seperti Bandung Restaurant dan Rising Sons Deli Restaurant. Saya juga menjadi Social Media Staff di Goodman Community Center untuk Summer Kids’ Campaign, sebuah program penggalangan dana untuk membantu anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu dalam mengikuti kegiatan musim panas. Meskipun memiliki aktifitas yang cukup padat selama berkuliah di MATC, semua subjek Saya selesaikan selama dua semester berturut-turut dengan GPA rata-rata 3.90/4.00, berpredikat Perfect Honor, dan berhasil masuk dalam Dean’s List

Bidang yang saya minati dalam menempuh program Magister adalah Banking, Economic, and Finance. Di program ini, Saya berharap bisa belajar banyak tentang perbankan, finansial, dan ekonomi dalam skala global yang nantinya bisa diaplikasikan kedalam perekonomian Indonesia.  Disamping itu, Saya percaya akan nilai sebuah perspektif internasional. Hal ini merupakan alasan Saya untuk mengambil Magister diluar negeri; mempelajari isu ekonomi dan finansial di Indonesia dan dunia melalui sudut pandang yang berbeda.  Dengan pemikiran matang, Saya memilih beberapa universitas berikut sebagai tujuan Saya:
1.      MSc in Money, Banking, and Finance di University of Birmingham, UK. Intake: Spring 2015.
2.    M.A. in Economic Development of Southeast Asian Region di University of Wisconsin-Madison, Madison, Wisconsin, USA. Intake: Spring 2015
Saya telah meyelesaikan proses aplikasi pendaftaran dan memenuhi semua persyaratan untuk kedua program Magister. Saat ini Saya sedang menunggu Unconditional Offering Letter dari kedua universitas.

Untuk MSc in Banking di University of Birmingham, Saya tertarik untuk mengambil beberapa kelas seperti International Banking and Finance dan International Banking Regulation. Di kelas International Banking and Finance, Saya bisa mempelajari tentang Risk Management dalam perbankan melalui eksplorasi isu yang pernah terjadi di dunia perbankan. Untuk International Banking Regulation, Saya akan mempelajari tentang perkembangan regulasi perbankan secara global yang berpengaruh kepada perkembangan market secara luas. 

Sedangkan untuk M.A. in Economic Development of Southeast Asian Region di University of Wisconsin-Madison, fokus saya adalah di perkembangan perbankan, ekonomi, dan finansial di Indonesia dan dunia internasional, khususnya Asia Tenggara. Program Magister ini mengharuskan untuk mengambil 30 credit of course work (10 courses), dimana Saya bisa memilih kelas yang sesuai dengan minat dan tujuan Saya. Salah satu kelas yang menarik perhatian Saya adalah Economic Growth and Development in Southeast Asia oleh Dr. Ian Coxhead, yang merupakan seorang pakar ekonomi dengan latar belakang riset Asia Tenggara yang kuat. Kelas lain yang akan saya ambil adalah Money and Banking, dimana saya bisa mempelajari tentang nilai uang, interest rates, dan international banking policy. Yang tak kalah pentingnya adalah kelas Business in Emerging Markets, dimana saya bisa mengeksplorasi tentang praktek bisnis dalam hubungannya dengan sistem politik dan ekonomi di emerging markets, seperti Indonesia.

Berikut adalah estimasi biaya perkuliahan di University of Birmingham dan University of Wisconsin-Madison:
1.      University of Birmingham, the U.K.
·         Uang kuliah: EUR 14,495
·         Biaya hidup: EUR 6,000
·         Tempat tinggal (The Vale Village): EUR 8,000/ 51 minggu
·         Miscellaneous: EUR 5,000
2.  University of Wisconsin-Madison, Wisconsin, the U.S. (Berdasarkan data 2014-15 Academic Year Cost of Attendance with Actual Tuition and Estimated Costs dari the Office of Student Financial Aid)
·         Uang kuliah: USD 26,674
·         Buku: USD 1,200
·         Makanan dan tempat tinggal (Off-campus): USD 9,400/ tahun
·         Transportasi: USD 1,674
·         Lain-lain: USD 3,214

Beberapa rencana yang akan Saya lakukan setelah mendapatkan gelar Magister:
1.  Saya akan kembali berkarir sebagai bankir di perbankan Indonesia, khususnya di departemen Internal Audit atau Risk Management. Harapan Saya adalah Saya dapat menerapkan ilmu dari program Magister saya untuk perbankan Indonesia yang lebih sehat, low-risk di segala Business Unit dengan stabilitas perbankan yang terjaga di masa yang akan datang
2.  Saya juga akan menjadi edukator dalam bidang Ekonomi, Finansial, dan Perbankan Internasional sesuai dengan ilmu yang Saya pelajari, untuk kegiatan seperti:
·         BLS (Business Learning Session) dengan para bankir yang biasanya diadakan bank setiap bulannya.
·         Knowledge sharing dengan mahasiswa di universitas yang juga pernah Saya lakukan sebelumnya di Medan.



 


7 komentar:

  1. Smoga tercapaiiii yaa. Suksesss

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. tulisannya lugas apa adanya.mengalir dan asik membacanya.

    BalasHapus
  4. aku kira itu lg cerita pengalaman,ternyata itu bener rencana studi ya? kereen.. akhirnya ketrima dimana?

    BalasHapus
  5. HY KK,,SLAM KENAL SAYA kIA. Boleh sy mnta tolong koreksiin essay sy ga kk coz rencanny sy mo dftar LPDP batch 3 ini kk skr?kebetulan skrg sy sdg sbuk mmbuat rencana study,,boleh mnta emailnya kk??ini email sy rhahimazakia18.rz@gmail.com..mkasi kk

    BalasHapus