Senin, 23 Maret 2015

Pemberi Beasiswa Hanya Memberikan Beasiswa Kepada Orang Yang Siap!

Jujur, gw senang berbagi informasi, apalagi informasi yang menyangkut tentang beasiswa. Gw sangat welcome ke orang-orang yang email ke gw untuk menyanyakan perihal beasiswa. Gw akan balas email orang tersebut dengan catatan:
  1. Apakah sudah membaca buku panduan atau mencari informasi-informasi yang diperlukan via Google? Kalau sudah namun masih belum menemukan jawabannya, feel free untuk bertanya ke gw by email.
  2. Essay. Well, again, gw ngga pelit info. Bahkan gw share beberapa essay gw yang membuat gw sukses menjadi lpdp awardee. Kalau ada essay yang ngga gw share, berarti essay itu gw rasa cukup personal untuk di-share ke publik. Gw akan lebih appreciate kalo diminta proofread untuk essay yang sudah kalian buat.
  3. Minta informasi tentang beasiswa yang lagi buka berikut persyaratannya. Mas, Mba, kalau bisa email ke Saya, seharusnya punya akses internet, kan? Kalau mau mendapatkan informasi tentang beasiswa, bisa kog di-Google dulu daripada menunggu email balasan gw. Itu lebih efektif.
  4. Jurusan. Mottonya adalah “You know yourself best”. Nah, kalau masih bingung mau ambil jurusan apa, lebih baik gali lebih dalam tentang diri kalian, misalnya visi misi kalian kedepannya apa dan bagaimana. Gw sih bisa saja memberikan ide untuk kalian. Tapi sebagai aplikan beasiswa, kalian harusnya sudah tahu arah tujuan kalian itu mau kemana. Gw pernah di-email “seseorang” beberapa bulan lalu. Intinya dia mau apply beasiswa lpdp tapi dia galau mau ambil jurusan apa, terus terkendala “takut” ngga dikasih izin oleh atasannya. Jadi dia bertanya ke gw bagaimana minta izin ke atasannya. Gw sih sudah kasih saran sebisa gw. Eh, tetep aja dia galau. Well, harusnya untuk masalah begituan sih uda harus di-solve sendiri ya. Bagaimana kalian bisa meyakinkan interviewer atau pemberi beasiswa jika kalian sendiri masih galau dan bingung dengan diri sendiri berikut pilihan kalian? Pemberi beasiswa hanya memberikan beasiswa kepada orang yang siap!


Sekian dari gw untuk malam ini. Semoga bisa jadi bahan renungan, yah! 

2 komentar:

  1. Dear mas andreas, boleh minta alamat emailnya?
    Mau minta bantuan untuk proofread essay :)

    BalasHapus
  2. Dear mas andreas, boleh minta alamat emailnya?
    Mau minta bantuan untuk proofread essay :)

    BalasHapus