Senin, 31 Oktober 2011

Persiapan untuk beasiswa CCIP AMINEF (6) Interview Visa..

Arghhh, sedih nih! soalnya aku uda post di blog aku tentang persiapan CCIP Aminef untuk masa2 penantianku menunggu kabar, tapi aku ga sengaja delete tuh blog pas lagi ngerjain peer blogging aku. Fiuh, tapi ntar soon pasti aku update lagi deh..So, sekaranga aku skip dulu tentang packing-packing yah!! hehehe..
Tepatnya tanggal 1 Juni 2010, Mba Mita dari Aminef ngirimin email ke aku tentang Guideline pengisian Visa, SEVIS number, dan juga tentang jadwal interview di kedutaan besar USA yang ada di Jakarta and Surabaya. Aku yang dari Sumatra, otomatis akan interview di Jakarta. Bagi temen2 yang domisili Surabaya dan Indonesia tengah serta timur akan kebagian jadwal di Surabaya Kota pahlawan.^^
Nah, disinilah aku mulai bertarung dengan waktu lagi, karena mba Mita ngasih deadlinenya wuih..cepettt buangett..yang mana aku masih harus belajar ngisi Visa application online yang gak susah sih, cuman ribetnya wedeww...(aku mau say thanks banget sama 2 orang yang ngebantuin aku untuk isi visa, yaitu mba Nurdahlia yang aku telpon2 padahal dia lagi di airport, and Robin yang rela2 bantuin aku untuk ngisi sampe jam 3 pagi). Belum lagi foto yang harus sesuai standard US embassy 5cm x 5 cm..tp harus ada ukuran standardnya dari atas ke bawah, kiri ke kanan (hiks..aga ribet kalo ngomong tentang angka2..lol)..aku copas aja yah emailnya..lol



Dear All,

Untuk mengisi DS160, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengisiannya.

1.       Membuat foto sesuai persyaratan, siapkan 1 dalam bentuk file jpg (ukuran kurang dari 200kb) untuk diupload di online form, dan 2 lembar cetak ukuran 5x5 dengan layout yang sesuai untuk AMINEF
2.       Point-point di bawah ini hanya beberapa penjelasan yang kami sengaja highlight karena sering menjadi pertanyaan, tetapi anda tetap harus mengisi point-point lain selengkap-lengkapnya apabila memang diperlukan.
3.       Isi  semua bagian dengan lengkap dan sejujurnya. Apabila anda menyembunyikan informasi dan diketahui oleh pihak Consular, hal ini akan menghambat dikeluarkannya visa untuk anda yang akan berakibat gagalnya partisipasi anda di program.  
4.       Siapkan semua dokumen yang diperlukan sebelum anda mengisi formulir DS160 yaitu: Passport, US. Visa lama/lainnya, DS2019/No. SEVIS, tanggal lahir orang tua, informasi pendidikan SMP-Universitas (bagi laki-laki), contact person dan alamat universitas yang dituju di US, dan sebagainya.
5.       Sering-sering menyimpan atau SAVE pada saat pengisian, sehingga apabila terjadi Time Out, anda tidak perlu mengulang dari awal.
6.       Setelah selesai mengisi DS160, silahkan SAVE APPLICATION dan anda akan mendapatkan file dalam bentuk xxx.dat. File ini berguna apabila anda harus mengulang, anda tidak perlu mengisi dari awal, tetapi cukup upload file .dat ini ke online application dengan memasukkan nama belakang dan tanggal lahir.
7.       DS160 kemudian di-print atau disimpan dalam bentuk PDF, JPG atau DOC dengan cara copy and paste langsung dari website
8.       Sebelum print DS160, pastikan semua informasi pada setiap bagian/nomor yang kadang tersembunyi harus diperlihatkan dengan cara meng-klik tanda segitiga di sampingnya yang akan membuka semua informasi tersebut
9.       Confirmation Page sebaiknya dikirim ke e-mail anda (akan ada pilihan untuk itu) kemudian di-print

PERHATIKAN:

Harap Confirmation Page di-print dengan jelas agar dapat terbaca oleh scanner Consular pada saat anda interview. Apabila Confirmation Page tidak jelas, ada kemungkinan Consular akan meminta anda untuk mengulang pengisian untuk mendapatkan barcode baru.

Jangan melakukan “print screen” atau cut and paste Confirmation page dari layar monitor anda, tetapi gunakan fitur yang tersedia seperti PRINT atau E-MAIL kemudian pastikan printer anda dalam kondisi yang baik dan tinta/toner yang bagus sehingga hasil baik dan jelas.


PEMILIHAN LOKASI WAWANCARA

Bagi Anda yang berasal dari propinsi/pulau berikut ini:
1.      Jawa Timur
2.      Bali
3.      Nusa Tenggara
4.      Maluku
5.      Sulawesi
6.      Gorontalo
7.      Papua

Mohon memilih SURABAYA untuk current location, bukan JAKARTA, pada saat mengisi DS160. Anda yang berdomisili di propinsi/pulau tersebut akan kami jadwalkan untuk wawancara VISA di Konjen Surabaya.  


Berikut ini point-point yang harus diperhatikan dalam pengisian DS160:

1.       Personal Information  
·         Surname and Given Names:  diisi sesuai nama di passport, bukan sesuai KTP atau Akta Kelahiran atau yang biasa anda cantumkan. Bagi yang namanya hanya satu, nama anda dianggap sebagai Surname, dan kosongkan Given Name atau cantumkan FNU. Contoh: FNU (Given Name) Imran (Surname). Bagi yang namanya lebih dari 2, Surname hanya diisi satu nama belakang anda dan nama lainnya dimasukkan sebagai Given name. Contoh: Sri Redjeki (Given Name) Budiningsih (Surname).
·         National Identification: Cantumkan nomor KTP yang masih berlaku, tanpa garis, atau titik.
·         US Social Security Number dan US Taxpayer ID Number: Silahkan pilih Does not Apply, kecuali anda pernah tinggal di Amerika sebelumnya dan memiliki ID tersebut, maka anda harus mencantumkannya.

2.       Passport Information
·         Passport Number: Cantumkan nomor passport berikut huruf didepannya.
·         Passport Book Number: Pada Passport Book Number, pilih Does not Apply

3.       Travel Information
·         Purpose of Trip to US: Diisi Student/Exchange visa (F,J,M,Q).
·         SEVIS ID: Nomor SEVIS terdapat di DS2019 ujung kanan dimulai dengan huruf N00xxxx (akan diinformasikan pada email terpisah)
·         Intended Date of Arrival: tanggal yang diberikan untuk mengikuti program, yaitu 2 Agustus 2011.
·         Intended Length of Stay in the US: 12 Bulan
·         Address where you will stay in the US: Cantumkan alamat college untuk program academic anda.
·         Person/Entity paying for your Trip: Company/Organization
·         Name of Company/Organization: Cantumkan alamat berikut ini:

CCID Exec. Office - Kirkwood Community College
6301 Kirkwood Blvd Sw
City: Cedar Rapids
State: Iowa
ZIP/Postal Code: 52404.
Phone:             (319) 398-5411      
USA

·         Relationship to you: Other
·         Surnames of Contact Person: Woodin
·         Given names of Contact Person: Shawn
·         Email Address: Does not apply
·         Telephone Number:             318.398.1257      

Address:              CCID Exec. Office - Kirkwood Community College
6301 Kirkwood Blvd Sw
City: Cedar Rapids
State: Iowa
ZIP/Postal Code: 52404.

·         Country: USA
·         Is the address of the party paying for your trip the same as your Home or Mailing Address? Jawab NO dan cantumkan alamat diatas.

4.       Travel Companions Information
·         Are there any person travelling with you: Jawab NO.

5.       Family Information
·         Father’s/Mother’s Surname and Given name: Kalau namanya hanya satu, pastikan nama menjadi nama belakang (Surname) dan tambahkan FNU (Given name)
·         Father’s/Mother’s Date of Birth: usahakan mengetahui tanggal lahir mereka dan jangan memilih Do not Know.

6.       Previous US Travel Information
·         Apabila menjawab No, anda bisa melanjutkan ke bagian berikutnya
·         Apabila menjawab Yes, harap isi selengkapnya dan anda harus mengetahui informasi yang diperlukan termasuk visa yang pernah anda dapat. Nomor VISA Amerika adalah 8 digit angka yang tercetak berwarna merah di lembar visa Amerika anda.

7.       US Point of Contact Information  
·         Silahkan cantumkan contact person Shawn Woodin
·         Relationship: Other


8.       Family Information: Relatives
·         Harap isi selengkapnya
·         Apabila tidak ada saudara/kerabat di Amerika, tidak perlu mencantumkan informasi apapunJanganmencantumkan nama teman anda yang tinggal di US.

9.       Present Work/Education/Training Information
·         Harap isi selengkapnya, termasuk informasi pekerjaan sebelum pekerjaan sekarang (bila ada)
·         Cantumkan gaji sebagai informasi yang diminta dengan kurs rupiah
·         <LAKI-LAKI> Have you attended any educational institutions other than elementary schools?Jawab YES dan lengkapi. Cantumkan SMP, SMA dan universitas

10.   Security and Background and Others
·         Harap isi selengkapnya dan sejujurnya

11.   Additional Point of Contact Information
·         Anda dapat mencantumkan 2 orang yang ada di Indonesia saat ini selain keluarga/kerabat, yaitu staf AMINEF, teman kantor, teman lain, atasan, atau tetangga. Jangan mencantumkan nama saudara kandung/suami/isteri/orang tua bahkan kerabat jauh sekalipun.

12.   SEVIS Information
·         Cantumkan nomor SEVIS anda. Nomor SEVIS dimulai dengan huruf N00xxxx
·         Do you intend to study in the US: Jawab YES
·         Address: Cantumkan nama College untuk program dan alamat lengkap.

13.   Preparer of Application
·         Did anyone assist you in filling out this application?  Jawab NO (Menjawab YES hanya untuk anak di bawah umur yang diisikan oleh orang tua)

Apabila ada informasi lain yang tidak tercantum di guideline ini, anda tetap harus mengisi apabila diperlukan dan berkenaan dengan informasi yang anda miliki.

Nah, kurang lebihnya pengisian visanya mah gitu. Aku sih kurang expert ngisinya, tapi at least aku sukses mengisinya..LOL.
Well, pertama2 yang aku lakukan sembari pengisian aplikasinya adalah nyari tempat yang bisa buat pas foto standard US embassy. Aku agak bingung juga sih, karena aku biasanya yah foto untuk pas foto di studio foto terdekat manapun. 
Yang pertama, aku kebetulan punya temen di studio foto kawinan. Aku tanya dia, and dia bilang fotografernya bisa. Aku pun foto disana. Hasilnya agak mengecewakan sih, karena outputnya salah, and kebetulan lagi pas aku foto, desainer grafisnya lagi off. Secara mba Mita minta 2 hari lagi uda mesti dikirim emailnya ke dia, and kirim hard copynya ke dia. Kalo ga, jadwal interview aku jadinya mundur. Aku gak mau mundur, karena aku uda minta cuti sama boss. Ntar gak enak kalo ganti2 hari..huhu, maklum BCA (bank Customers Always come..LOL). karena hasilnya salah, lantas aku ke studio foto lain yang ada di jalan wahidin, medan, Namanya Diana Foto. Aku lebih punya persiapan kali ini karena belajar dari ketidaksuksesan fotoku di bridal. Jadi aku mau make sure yang ngedit fotonya ada, and aku bisa duduk disamping beliau untuk kasih tau apa yang aku mau based on the paper yang aku print yang berisi ketentuan fotonya.  Hasilnya memuaskan, cuma 20ribu. LOL. tapi pas aku mau pulang dari studio foto yang 30 menit dr rumah aku, hujan deras. hiks.untung fotonya gak basah. (karena aku naik motor waktu itu, yah aku simpen aja dibawah jok motor.lol). Jadi, temen2..saranku kalo mau foto visa, ke studio foto manapun bisa, asalkan bawa ketentuan standard foto yang US embassy mau. kalo bisa duduk disamping editor fotonya untuk ngeliad hasilnya. and kalo bisa express aja, jangan tunggu editornya kerjain pas kita gak ada, trus pas besok mau ngambil ternyata hasilnya mengecewakan. sip?
lanjut, akhirnya aku bisa mengirimkan foto aku tepat waktu dan mengisi aplikasinya juga dengan benar dengan segala cara minta bantuan sana sini deh. hahah. aku jadinya bisa interview visa sesuai jadwal. saatnya packing ke Jakarta lagi! (capek)..lol
Nah, setelah terbang, jalan2, akhirnya aku meeting di Aminef tentang Visa. Mba Mita minta kita untuk menjawab pertanyaan yang ditanyain sama interviewer di US embassy secara singkat, padat, and jelas. Jangan curhat yah temen2 ! LOL. Kita juga diharapkan jangan bawa barang2 yang gak perlu ke US embassy, karena bakalan gak bole dibawa masuk. Mba mita juga menjelaskan tentang kertas putih, kuning, hijau yang akan kita dapet setelah interview. Kalo gak salah, kartu putih berarti kita akan dapet Visa US secepatnya. kalo kuning and hijau, berarti mesti wait sampe waktu yang tidak ditentukan. 
Akhirnya, setelah naik taxi, sampe juga deh ke US embassy Jakarta dengan temen2 lain, such as Dimas, Irni, and Reza. Anyway, penjagaannya ketat buangettt..sampe flash drive, hape, makanan juga gak bole dibawa. hiks. makanan temenku ditaruh dideket tong sampah luar saking ketatnya. LOL. Setelah melewati penjagaan itu, akhirnya masuk deh ke US embassy. Aku H2c lagi..Harap2 chawatir. haha.. Karena ini pertama kalinya aku interview Visa, and aku akan sedih banget kalo gak bisa pergi ke US hanya karena bermasalah di visa. Well, ada intermezzonya loh temen2. Pas ngantri, ketemu sama Lola Amaria (itu tuh artis film Ca Bao Kan).hahaha
Nah, tibalah saatnya aku dipanggil interview sama cewe amrik berkulit eksotik gelap. LOL.. aku ditanya mau kuliah dimana, siapa yang sponsorin, berapa lama, and aku bisa jawab dengan singkat padat jelas semua itu. Cuma ada 1 pertanyaan yang buat temen2 aku yang kebetulan denger aku interview jadi ketawa. Aku ditanya "Have u been at the USA before?". Yah dasar aku ini pecinta curhat, aku jawabnya "it's my first time, my first experience." aku denger temen2ku ketawa dibelakang aku dan bilang "dre, jangan curhat. bilang yes ato no doank." ahahha, aku keringat dingin jadinya..jangan2 aku bakalan dipending kepergian ke US karena dapet kartu kuning ato ijo. huhu..tapi, ternyata aku manis (LOL>ga nyambung), aku dapet kartu putih, dan visaku akan siap 1 minggu kalo ga salah, and Aminef akan ngambilin visaku. and pada saat itu semua temen2ku dapet kartu putih ! yeay! Akhirnya aku akan ke US (kepastian 90% deh..haha). Jadi inget yah temen2, pas interview visa, jawab apa yang ditanya, jangan curhat, jangan takut, jangan ragu, and jangan bawa barang2 apapun yang gak berhubungan sama interview, kayak flash drive, kabel, makanan, korek api (temenku yang bawa ini, dibuang langsung didepan dia..lol), and jangan bawa boneka ato bawa yang ga perlu berhubungan deh intinya.. okay?hahaha
nah, sekian dulu yah tentang Visa.. Aku akan segera update lagi blog aku. Untuk temen2 yang udah kirim atau akan segera kirim aplikasi ccip aminef sebelum tanggal 1 November 2011 ini, gud luck yah ! pertanyaannya semakin banyak, and maybe saingannya juga bertambah.. tapi disitu letak kenikmatannya ! heheh.. akan lebih bangga lagi loh kalo lolos ! ! Jiayou yahh...^^..aku siap membantu kalo ada pertanyaan.. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar