Rabu, 23 November 2011

Persiapan untuk Beasiswa CCIP Aminef (7) USA, I am coming soon!!

Fiuh, setelah menyelesaikan proses interview visa di the US Embassy, hati lumayan tenang. Soalnya udah dapet kartu putih (kalo ga salah) yang artinya aku udah pasti bisa ke US. (aminnn..haha). Saatnya aku mempersiapkan segala sesuatu untuk bisa jadi duta yang baik untuk negaraku, Indonesia. ^^

Aku masih tetap bekerja di BCA, meskipun aku sudah mengajukan surat pengunduran diri untuk resign di tanggal 28 Juni (setelah gajian.haha). Padahal 2 bulan lagi, tepatnya setelah lebaran (di bulan Agustus) aku bakalan menerima bonus beasiswa program Bakti BCA yang lumayan (bisa dipake buat beli Mac book deh ato beli motor.haha), tapi aku mengorbankan itu karena aku butuh udara segar sebelum ke USA (LOL).

Setelah beberapa hari seusai interview Visa, aku dapet email dari Aminef yang berisi tentang tiket keberangkatanku ke USA! YEAY!!! haha. Aku akan terbang melalui bandara Soe-Hat (ya iya lah..mau dari bandara mana lagi?haha) menuju Atlanta, Georgia USA via Narita, Japan! Gosh, can you imagine? Aku itu emank dari dulu udah kepengennn banget ke Jepang, and dulu sempat berpikir, "mungkin ga yah aku ke Jepang?" dan you see, aku pergi!! Meskipun transit 6 jam doank, tapi setidaknya udah minum air jepang, pake WC jepang, and hirup udara jepang! hahha. Nah, oleh karena Visaku uda ok and aku uda dapet tiket, yang aku bener2 akan lakukan adalah, mempersiapkan diri dengan early packing, stay healthy, and belajar!

Dimulai dari Stay Healthy dulu deh. Alasan aku kenapa resign kerja adalah karna aku gak mau lagi stress oleh keluhan nasabah disaat aku akan pergi. haha. Jadi, aku memilih untuk membuang jauh2 semua beban kerja biar plong. Soalnya ada satu temen aku yang uda interview Visa dan pas beberapa hari sebelum keberangkatan, dia sakit dikarenakan capek kerja. And finally, dia batal deh ke US. (miris bukan?). Then, Aku juga tetap jaga makanan yang aku makan and aku tetep fitnes teratur karna aku yakin bener aku akan tambah gendud and chubbi di US berhubung makanan disana yah gitu deh. (ntar kalo uda di US baru tau seberapa "sehat"nya pola makan mereka yang tiap makan selalu dibarengi soda ato bir dengan porsi makanan yang gede!) Bagi kamu2 yang merasa gendud di Indonesia and minder, silahkan datang ke US untuk mengembalikan ke-PEDE-an kamu karena disini orang gendudnya bener2 3 kali lipatnya manusia biasa. hahaha

Yang kedua adalah early packing. Kalau bisa, di-list semua yang mau dibawa ke US. trus di-kategorikan dari yang super important ke yang gak gitu penting (contohnya robot kesayangan aku atau boneka beruang ukuran 2 meter kesayanganmu.haha. #contoh). 

Now, yang paling perlu dibawa adalah pakaian. Catet, bawa pakaian kasual yang bisa dipakai sehari-hari, bawa juga pakaian tradisional yang mau kita tampilkan ke dunia (ga perlu mahal, asal khas indo aja), pakaian formal (setelan jas gitu contohnya untuk acara resmi), and kalo bisa bawa batik yah! ^^. Bawa juga sepatu formal, and walking shoes yoo..untuk sabun-sabunan sih boleh aja kalo mau dibawa. Maybe ada yang pakai facial wash tertentu di Indo and mungkin gak ada di US and harus pakai itu biar gak jerawatan misalnya, boleh dibawa beberapa untuk stock. Obat2an juga perlu, kayak tolak angin, ato obat2 khas indo yang cocok untuk kamu gunakan. Untuk parfum, aku gak gitu menyarankan yah. Soalnya kalau taruh di koper, takut pecah. Kalo taruh di back pack kita, bakalan disita petugas bandara. (kayak yang terjadi sama temenku yang kalo ga salah bawa parfum baru Victoria Secret yang masih baru dipake beberapa kali and disita di Narita, Jepang! )Trus bagi yang hobi homesick kayak aku, bawa beberapa makanan instant indonesia, kayak bumbu-bumbu, sambel (kudu harus karena di Amrik makanan pedes itu langka dan hampir punah. haha), and maybe mie instant. Aku sih ngga gitu menyarankan bumbu2 pecel gitu yah, aku ga mau ambil resiko aja bawa makanan yang aga berminyak. Tapi kalo ada yang makan pecel dan sering dan it's a must makan pecel, monggo! haha. Trus yah bawa beberapa souvenir, post card, and barang2 lain yang khas indo yang bisa dibawa. Tapi jangan bawa hewan and tumbuhan yah! ntar bawa masalah takutnya. haha. Sekedar tambahan, beberapa state di US cuacanya extrem pas dingin, kayak aku yang di Wisconsin yang super dingin, bagi yang mau beli jaket di Indo juga bole. Untuk jaga2 pas tiba2 dingin, gak kelabakan nyari shop yang jual itu. Aku sih kebetulan dibeliin sama tanteku di Mangga Dua-Jakarta, mumpung gratisan, yah aku bawa aja mulai dari gloves, topi, coat, scarf, socks, and heater! haha. Aku juga beli jasnya di daerah mangga dua, lumayan la..900an ribu, tapi yah sekali lagi, GRATIS! LOL..Then beli koper and back pack bagi yang belum punya. Sekedar info, kita bisa bawa 2 koper gede dengan berat masing 23 kilo maksimum. jadi semua total beratnya 46 kilo. Kalau bisa sih, jangan kelebihan beratnya karena chargenya mahal. Trus untuk backpacknya kalau gak salah 7 kilo gak termasuk tas laptop. ^^. Usahain dokumen2 penting and uang disediain di backpack yah. Mana tau di negara transit mau beli souvenir and makan ato apa deh. haha.
Nah, yang terakhir adalah belajar. Well, belajar yang aku maksud adalah belajar budaya! haha. aku kebetulan keturunan Tionghoa, jadi budaya sehari2 yang aku pakai adalah budaya Tionghoa. Aku prefer memilih budaya yang emank khas indo kayak budaya batak, jawa, atau bali. Soalnya kalo aku pakai baju adat tionghoa, jadinya aku kayak mewakili negara tetangga. Apalagi mukaku khas import. wakakak. Jadi yang aku lakukan adalah satu bulan sebelum aku berangkat, aku travelling Jawa-Bali-Lombok, untuk lebih mengenal budaya di daerah2 indonesia. Aku mengawali perjalananku ke Bali, kayak ke Kuta, Uluwatu, Ulundanu, Nusa dua, Tanjung Benoa, Bali Safari zoo. Aku foto-foto view yang bagus disana so aku bisa tunjukkin ke dunia kalo Indonesia punya view and budaya yang manthep and also aku jadi punya foto2 untuk presentasi budaya nantinya. Aku juga beli souvenir murah di pasar seni Sukawati. Lumayan la harganya. haha. Trus aku ke Lombok, Senggigi, and Gili Trawangan. Trus ke Jogja, foto2 di borobudur, prambanan and hunting souvenir murah meriah, lanjut ke Surabaya, Semarang, and Cirebon buat beli batik megah mendung. Kurang lebihnya aku spent time hampir 1 bulan untuk jalan2. haha... Budgetnya sih gak mahal2 banget palingan 4-5 juta udah semua2nya. haha. Hati senang, trus punya souvenir utk dibawa ke US, foto2 juga ok2 (LOL), and makan2 enak! haha

So, Bagi temen2 yang udah sampai di tahap sukses interview visa and udah dapet kepastian tiket, inget pesen2 aku yah.. semoga bermanfaat, and Welcome soon to the USA! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar